Wednesday, 11 September 2013

Dunia Kang Ouw Motor Sport Bakal Sengit Di 2014?


 Malem lads,

Entah kesurupan apa malem-malem semangat banget buat ngetik dan mengabaikan pendingan artikel lain yg udah lama terbengkalai demi setitik pencerahan yang didapat dari dunia persilatan motor sport khususnya kelas 250cc di ranah nusantara.

Awalnya dari membaca artikel-artikel blogger senior sebutlah TMC, IWB, Pertamax gan eh Pertamax7 s.d Motoblast, semua bilang bahwa 2 pabrikan motor yang gigantic (H dan Y) disebut-sebut (atau disinyalir bahasanya lek IWB) tidak akan menelurkan produk baru sampai dengan akhir 2013...welehh euy.

 Jozzznya, saat membaca artikel kang haji TMC, ada 1 kalimat yg membuat jantung berdegup kencang (prettt lebay)...yaitu..

 "Mengenai sport full fairing...beneran sampai sekarang masih merinding bro"
 temukan linknya disini http://tmcblog.com/2013/09/10/honda-memastikan-tidak-akan-menambah-produk-baru-di-sisa-2013-adu-strategy-nih/

Weehh.. dari kalimatnya sih bener-bener bikin penasaran euy, sapa yang meragukan selera wak haji TMC yang sempat punya N250R dan ER6N?

Nahhh, disini menariknya, santer beritanya bahwa tahun depan (2014) pabrikan garputala akan menelurkan motor sport fairing 250cc 2 silinder yang digadang-gadang terbaik di kelas 250cc (tentunya definisi terbaik itu adalah bila dibandingkan produk para rival yang beredar di nusantara). Ari pek teh (jebule), pabrikan sayap mengepak tidak tinggal diam! Wak haji konon saw it right before his very eyes, si cikal bakal (kemungkinan besar) New CBR 250cc (atau 150cc whatever yg pasti sih kelas sport fairing) tersebut dan dari impresi sesaat, membuat beliau merinding (in positive view, tertegun takjub).

Mari kita berandai andai...jika 2 pabrikan gigantic di sepeda motor tersebut mengaku gakan mengeluarkan new model s.d akhir 2013...apa yang bakal terjadi di 2014? Yeap...banjir model di 2014 lads!!... Jika kita kerucutkan lagi di kelas motor sport atau moge entry level 250cc, maka akan ada 2 new model head to head sebagaimana rivalitas kedua pabrikan tersebut selama ini...Y adalah nemesis bagi H, sekaligus pembanding..begitu pula sebaliknya.

Mungkin saja saat pabrikan sayap tersebut mendengar selentingan calon YZF250, hasil spionase mereka mengatakan bahwa YZF tersebut lebih baik bahkan dari K dengan Ninja 250FInya. H lokal yang selama ini tidak pernah merasa terusik akan merajalelanya produk Ninja dari K, spontan merasa disamber gledek mendengar kabar dari pihak Y. Thus...sepertinya mereka langsung bikin gebrakan juga kekekek. Kalau sudah begini siapa yang diuntungkan lads? konsumen? tullll...banyak pilihan dan harus berkualitas. Disinyalir 'merindingnya' kang Taufik TMC adalah pertanda betapa cukup (kalau tdk mau dibilang sangat) dahsyatnya gebrakan dari sisi desain dari calon produk Honda lokal yang baru...
Kalau YZF250 kek gini apa gak sobek tenaaann...?!

CBR250, jagoan AHM di moge entry level, sepertinya masih bertahan dengan single silindernya


Kita pantau aja ya lads perkembangannya, terutama bocoran dari sisi mesin nih, kalau 2 silinder juga dan performa jozzzz...akankah K sebagai penikmat porsi kue terbesar di kelas 250cc akan tinggal diam? Apa gebrakan dan respon mereka terhadap produk baru nanti? Lalu gimana dari kubu garputala? akankah produk mereka nantinya kalah sebelum berlaga? Atau ternyata memang paling spektakuler dibanding yang lain? Dan bagaimana dari kubu S? akankah mereka melakukan gebrakan dahsyat juga? atau masih akan terus tinggal di dalam goa-nya? Dunia Kang Ouw Motor sport akan sengit tahun depan lads!! Buka dikit Jouuuzzzz!!!!


Kawasaki Ninja 250FI dan Suzuki Inazuma..menarik kira-kira apa gebrakan mereka di 2014


Update news, bocoran dari sahabat, confirm ada 2 motor kategori sport yang sedang PP1 (Pre Production), salah satunya yang berfairing. Sayangnya mesin bukan seperti harapan KBY, bukan 250cc 2 silinder lads, tapi 150cc...Mesin baru? gak tau, sepertinya masih turunan CBR. Namanya gimana? Wah sobat KBY masih bungkam nih....Kira-kira gimana tebakan lads sekalian? Berarti yang dilihat kang TMC kemarin-kemarin itu kemungkinannya sangat besar bukan sketsa atau clay model, tapi yang sudah PP1...hmmm
Singkap dikit...Joozzzz




39 comments:

v4hn said...

masalahnya yang diliat om taufik itu cuma gamber sketsa apa udh foto jadi?
klo cuma sketsa doank, mending jangan berharap tinggi. liat aja cs1 yang bentuknya wagu, padahal di sketsa bagus bngt tu motor...
bukan cuma motor qo, mobil juga gitu, sketsa di dunia maya keren banget, begitu diluncurin malah jauh bentuknya (ya meskipun garisnya mirip2)...

Yogas Erlangga said...

well thought om...
dan benar .., sketsa bisa terlihat ciamik pas maspro kadang jauh dr sketsa karena kudu adaptasi ina itu ina itu hehehe..

mari kita pantau bareng2 om...nunggu penjelasan kang taufik di blognya..
kalau tyata beliau liat langsung..wow sambil koprol juga...hehe

v4hn said...

Yup klo misalnya yang diliat sama om taufik asli, berarti memang AHM niat berubah...
tapi entah masih rada pesimis aja sama AHM, soalnya dari dulu bentuknya pasti kurang spoty alias kalem...
klo soal desain saya masih megang yamaha n kawak, soalnya 2 pabrikan itu yang brani membuat konsep desain sporty sekaligus out of the box.

Yogas Erlangga said...

Hahaha...
Tul, memang relatif kalem desain2nya, bahkan yang masuk kategori pure sport pun misal CBR1000R atau yang kecilan CBR600 masih kalah gahar dari kompetitornya yah.

Kita liat aja deh, tapi saya ada bocoran dari kawan yang kerja di A*M, tar ay update hehehe

kusuma11wijaya said...

ah.. nambah lagi nambah lagi varian motor.. nambah macet deh..

http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/09/11/bbm-untuk-android-akan-hadir-di-indonesia-pertengahan-bulan-ini/

pertamax7.com said...

z250 wae lah :D

orong-orong said...

Ane cuma punya warung sederhana gan, dan tidak buat artikel seperti itu. karena para bloger senior sudah membuatnya. sekarang jamannya motor sport, bye bye bebek
http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/09/11/ketakutan-yamaha-jika-lorenzo-ke-honda/

Yogas Erlangga said...

@kusuma: model makin banyak beuki lieur yah kepala da tambah macet hehe...

Yogas Erlangga said...

@ipan:
digas dikit...jozzzx :D

Yogas Erlangga said...

@orong-orong:
wah mangap gan, sepertinya ay salah baca, baiklah ay update nanti yah...
Btw sepertinya bebek akan tetap bertahan, setidaknya di daerah-daerah populasinya masih josss...

7leopold7.com said...

yang membuat agak skeptic dgn 250cc 2 silindernya Honda adalah soal pricing. 1 silinder saja dijualnya sudah sama harganya dgn Kawasaki, Suzuki dan (kemungkinan) Yamaha. Lah apalagi kalau 2 silinder.

Isyu lain, 250cc 2 silinder basis model yang saat ini ada secara global utk Honda engga ada, CMIIW. Berarti riset baru utk global, ga bisa hanya produksi di Thailand.

7leopold7.com said...

btw, ini pertimbangan utk Kawasaki sendiri



http://7leopold7.com/2013/03/12/nasib-ninja-250-fi-paska-yamaha-yzf-r25-dan-cbr-250r2/

Yogas Erlangga said...

@om leo:

betul juga, soal pricing ya...
ngahaem sih ngeles tempohari dengan bilang walau ini 1 silinder tapi teknologi terbaru..Well..oke, gada yang meragukan soal teknologi (mesin) dari Honda...
Tapi tetap balik lagi ke soal pricing (dan model/desain kalau mau dibawa bawa), nevertheless, 1 silinder is lesser than two...isnt it? hehhe...why give a high price tag then?


thanks buat sumbangan pemikirannya om...

wayne said...

silent reader mau ikut komen nih kang kobay,
artikelnya saya bilang hot, karna isinya menyangkut hot issue seputar 250 cc, penulisannya keren sampe saya ngerasa ikut deg degan (antusias) bacanya..
masukan aja kang, artikel hot gini mungkin bisa kang kobay tambahin gambar dari motor2 tsb, atau setidakny yg masih nyambung sama artikelnya biar sambil baca bisa ada sedikit gambaran aja, karna kita -pria- sering disebut mahluk visual yg mengutamakan tampilan suatu objek hehe..
sekali lagi cuma saran sotoy seorang silent reader lho kang kobay hehehe..
salam kenal..

Yogas Erlangga said...

@wayne:
waahh saya jadi tersanjung episode 36 nih mazbrow hehehe...thanks.

oia masukannya sangat masuk akal...memang di awal niat pasang picts, tapi berhubung ngetiknya sdh larut malam, jadi di pending deh, soalnya bakal takes time..taunya tadi di kantor juga ribet, ga sempet deh hehehe...

thanks ya, nanti saya tambah2in kalau gak diganggu si kecil :)

kelana97 said...

Ikut nyimak & baca baca di sini :)

Yogas Erlangga said...

monggo mas...
makasih dah ninggalin jejak ;)

Riska Prastyawan said...

kalau kawasaki nggak bakal tinggal diam, udah pada tau kan sifat kawasaki kaya gimana.
Kawasaki sangat jarang menggunakan spesifikasi yang secara langsung sama atau head2head dg kompetitor, pasti akan selalu mencoba lebih diatasnya, makanya pabrikan K punya image kencang.
Contohnya:
, ada honda yg punya CBR250, kawasaki menelurkan Ninja250fi 2 silinder.
, honda punya CBR150, kawasaki punya Ninja150rr yang scara speed unggul jauh diatasnya.
Begitu pula dg superbikenya, jarang kawasaki melawan kompetitor dg kubikasi yang sama.

http://otoradians.blogspot.com/2013/09/waduhh-knalpot-mx-bocor.html?m=1

Yogas Erlangga said...

Riska:
Betul nih bung otoradians. Takut kah berhadap-hadapan? Kalau kata ay sih cerdas tepatnya, kalau sudah tahu head to head bakal gak menang, be smart donk ya gak? hehehe.
Berantem di kelas sesak 250cc diluar sana, Kawasaki keluarin kubikasi 300cc, lawan telurin 600cc, K main di 636 dan 650 dst (sebagaimana yang dijelasin sama om Leo di blognya).

Mas Huda said...

jadi ini waktu yang baik buat P200NS dong ya

minta like atau komentarnya disini ya, karena setiap like atau komentar anda memberikan kesempatan mendapatkan satu buah motor TVS Apache

chuckie qi said...
This comment has been removed by the author.
chuckie qi said...

moga aja 2 silinder

masshar2000 said...

well...ane yg udah ada aja blm kebeli...eh...mau nongol lagi yg baru...yo wis nyimak pertandingan silatnya aja dah..

Yogas Erlangga said...

@Mas Huda:

BIsa ya bisa gak mas, justru saya liatnya si motor baru sport fairing dari Honda 150cc yang belum teridentifikasi ini bisa jadi nampar balik PNS.
Dengan syarat: lebih powerful atau sama, lebih menarik dari sisi desain, gap harga gak jauh dengan PNS.

Dengan nama besar Honda malah bisa bahaya buat PNS, imo ya...

Yogas Erlangga said...

@Chuckqie:

Kalau maksudnya adalah si Honda punya, sayangnya gak...yang nongol 150cc 1 silinder, berfairing....
Padahal KBY juga ngarepnya 250cc 2 silinder...

Yogas Erlangga said...

@masshar:
Insya Allah kebeli mas, putaran rodanya belum nyampe ke sampeyan aja :)

Ferboes Richardson said...

Tess....

Ferboes Richardson said...

Tess lagi...

Ferboes Richardson said...

Yess..bisa masuk
Emang ga ada habisnya kalo bahas ttg r2...
Sobek tenaaaannn....
Iwb.mode.on

Yogas Erlangga said...

tosssss...
welkam bek forbes eh ferboes wkwkkwk

bakulkangkungjpr1.com said...

seperti yang di bilang pak Leo di atas,masalah utamanya nanti jika honda menelurkan varian 250 cc 2 cylinder adalah harga,bisa di tebak harganya akan lebih mahal dari merk K..,nah..nantinya akan sangat berpengaruh terhadap penjualannya.

ndeso94 said...

Tahun depan Yamaha beraksi om

Yogas Erlangga said...

@mas sayur:

bener juga mas...secara Honda selalu ksh price yg lbh tinggi dr kompetitor yg head to head...
1 silinder aja hampir sama ama K yg 2 silinder ya...
jadi kalo H nanti 2 silinder, harga sekarang dikalikan dua wkwkwk...

Yogas Erlangga said...

@ndeso:
wah penerawangannya dahsyat...
mudah2an bener ... jd banyak model buat konsumen yah...

Anonymous said...

blog lu bagus bro, bisa aja suatu saat nanti nyalip kedua blogger acuanmu.
untuk menuju ke sana manteplah kasih ulasan seputer roda 2, kalo bisa sih jagan terlalu sering nampilin link blog lain dalam artikelnya. takut terkesan copas walau gak sepenuhnya juga.
oh ya, soal tampilan blog itu penting, dan ane lihat pertama kali aneh banget nih blog, ada foto jazz dan z250 guede di atas,
coba cari theme yg lebih menarik mata dan proporsional.
salam

Anonymous said...

dari saya, pak tarno, wkwkwk
eh di sini gak bisa ngasih nama ya kaya di wordpress.

Yogas Erlangga said...

@pak tarno:

wkwkwkwk...
harusnya bisa sih, ada pilihan nama deh harusnya (choose an identity). makasih oakntarno dah mampir, prok prokkk tolong di bantu yaaa hehehe...

btw yg di atas pak tarno juga kah?
kalo bukan gpp...saya jwb jg.

makasih atas kemampirannya (halah kok kaya bahasa mempertakut dan kontroversi hati ya)...
Masukannya sangat berharga buat saya blogger karbitan ini...
Soal tampilan sebenarnya saya pengen pictnya kecil aja (yg di atas itu tuh segede gaban), mgkin file ori nya kegedean, nanti saya coba resize deh hehehe...
makasih ya...amin di doain jd blogger tenar (horee horeee)...tapi saya blm seambisius itu kok, spt sy blg, saya masih jadi kuli, jadi ngetik blog pun pas wakyunya senggang, sama lagi mood. Kalo lagi gak mood, biasanya jadi komentator aja wkwkwk...
Saya justru salut sama blogger2 muda nan potensial, contoh ipan pertamax7, di usianya, determinasi buat nyari berita bisa dikategorikan luar biasa walau kadang tidak orisinil tapi tetep aja effortnya patut dapat jempol. Blm lagi ada orong2, otoradians, megalodon dlsb.
Mantaplah mereka itu, kalau serius bisa jadi kaya Stephen Langitan :)

uutbeniandriyanto said...

semakin rame dunia permotoran,,,

nitip bro

http://uutbeniandriyanto.wordpress.com/2013/09/14/bocoran-frame-next-honda-tiger/

Yogas Erlangga said...

makasih dah mampir bro... :)